Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Google Pinguin, Algoritma Anti Spam Baru Pengganti Google Panda

Hari Selasa, 24 April 2012 kemarin Google luncurkan algoritma baru yaitu ‘Google Pinguin’.

google-pinguin

 

Belum lagi selesai kengerian oleh google panda dengan membuat algoritma baru dengan fight spam, kini google mengupdate algoritma baru dengan nama 'Google Pinguin'. 'Google Pinguin' merupakan algoritma terbaru google untuk menghukum web yang over optimized (over optimized penalty).

Google pada dasarnya terus memperbaharui algoritmanya untuk menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas. Nama ‘Panda’ yang digunakan pada tahun 2011 sebenarnya nama yang diambil dari salah satu engineer google yang berperan pada update algoritma saat itu. Penamaan ini sebenernya punya sejarah sendiri karena pada dasarnya google tidak pernah memberikan penamaan pada algoritma mereka sebelumnya.

Perubahan algoritma di tahun 2011 tersebut ternyata cukup signifikan untuk berperang terhadap situs dengan kualitas isi yang tidak bagus membuat komunitas online  menamainya ‘Farmer’. Namun nama yang diberikan terasa tidak terlalu baik di telinga google sehingga dipilihlah nama Panda kepada publik.

Setelah nama Panda, setiap kali google melakukan update, orang akan menyebutnya Panda Update walau google tidak pernah memberikan nama setelah itu. Contohnya pada awal tahun 2012, google ‘menghukum’ situs yang terlalu dipenuhi iklan.

24 April 2012, terjadilah update lagi, kali ini sebenarnya google menamainya ‘web spam algorithm’ (http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2012/04/another-step-to-reward-high-quality.html ), namun karena dampaknya cukup signifikan karena secara tidak langsung turut menumbangkan situs-situs top 10 yang sudah berada cukup lama disana, akhirnya pergunjingan ini menjadi topic hangat di situs Search Engine Land dan komunitas melakukan voting untuk menamai algoritma yang cukup signifikan ini, muncullan nama “Titanic” sebagai kandidat terkuat. Namun tidak lama setelah itu akhirnya google mengumumkan nama untuk algorima ini ‘Penguin’.

Seperti apa google pinguin itu?


Algoritma Google Pinguin, lebih mengarah pada keaslian konten dan backlink. Google pinguin lebih sensitif dengan web yang menggunakan black hat SEO yang dijadikan senjata andalan untuk optimasi blog. Jadi intinya algorimat ini ditujukan ke blog copas. Selain itu, pengunaan link building lebih di utamakan tapi dalam hal ini adalah yang satu jalur.

Dampak Algoritma Google Pinguin


Lalu, apa saja yang akan akan diserang oleh pinguin ini, berikut diantaranya :

  • Duplikat konten dari sub domain

  • Keyword stuffing (High Keyword density, pengulangan Keywords)

  • Pengiriman query otomatis ke google menggunakan software dan script

  • Blog dan website mengandung trojan, malware, spam

  • Website yang ikut affiliasi dengan konten minim dan tidak mempunyai nilai, jadi harus selalu fresh

  • Hidden links dan Hidden texts, Black Hat

  • Terlalu berlebih dalam memberi backlink – SEO over optimization

  • Dan praktek blackhat lainnya, menggunakan software maupun premium service.


Cara Mengatasi Algoritma Google Pinguin


Untuk mengatasinya coba lakukan cara berikut :


  1. Hindari teks dan link tersembunyi

  2. Jangan menggunakan redirect tersembunyi

  3. Jangan menggunakan pencarian otomatis ke google

  4. Jangan tampilkan halaman dengan kata kunci yang tidak relevan

  5. Jangan membuat banyak halaman, sub domain, dan domain dengan konten yang di duplikasi

  6. Jangan membuat halaman dengan script yang membahayakan (phising, Trojan, badware)

  7. Hindari penggunaan halaman yang di khususkan untuk bot google atau menaruh cookie untuk program affiliasi dengan konten yang buruk

  8. Jika anda mengikuti program afiliasi, pastikan situs anda memberikan nilai lebih dengan isi yang unik dan relevan.


Selain 8 poin yang ditekankan diatas, masih ada 4 poin mendasar yang diberikan google:

  1. Buatlah halman untuk pengunjung, jangan untuk mesin pencari.

  2. Jangan gunakan trik untuk menaikkan rangking situs

  3. Jangan berpartisipasi pada skema link yang didesain untuk menaikkan rangking atau PageRank. Jauhi halaman yang jelas digunakan untuk spam.

  4. Jangan gunakan program komputer untuk check rangking dan membuat halaman di web. Program  tersebut membuang resource google dan melanggar TOS (Term of Service / Ketentuan layanan google)


Layanan Pengaduan Algoritma Google Pinguin


Bagi para pembaca yang merasa situsnya bersih namun “terpatuk”  oleh sang penguin, jangan khawatir. Masih ada harapan, google memberikan layanan pengaduan atas algoritma google baru ini. Dalam akun twitternya, Matt Cutts berkicau: “If you know a site affected by algo update that you don’t think should be affected, we made a form to provide feedback: http://goo.gl/nt3Pz ”

Dalam form tersebut, disebutkan: “If your site was affected by the “Penguin” webspam algorithm update on April 24th, 2012, and you don’t think it should have been affected, please give us more details below.”

Silahkan isi form tersebut untuk melayangkan pengaduan.

google-penguin-form
18 Komentar untuk "Google Pinguin, Algoritma Anti Spam Baru Pengganti Google Panda"

Nice info gan, perlu lebih hati-hati dalam mengelola blog nich biar ga kena kick oleh google pinguin.. :D

Mengerikan sekali yah ternyata.. belum sempet begitu paham tentang algoritma google panda.. eh, muncul lagi google pinguin.. ntar apa lagi ya?, google hamster kah?. hehehe. :D

manteb gan.. gan mo nanya nih, kalo mau menaikan trafic misal kita pake CMS buat e commerce (misal opencart) buat jualan... trus kalo make sub domain (misal wordpress) unt gmn?uk bikin artikel buat naikin trafict menurut agan

optimalkan seo wpnya, trus link kan produknya ke opencartnya.

Mas mau nanya, saya menggunakan plugin STT2, kira2 baik tidak untuk algoritma Google penguin kali ini..
terima kasih

Kayaknya jangan deh, klopun dikasih batesin aja maksimal 2-5 link. Jangan lebih.

wahh Google updater terus
bingung juga ngikutinya nich... uhuuuukkkk

Web punyaku juga kena gan, puyeng deh,,, mksh info dan tipsnya..

Salah satu blog saya terkena dampaknya Gan, padahal artikel dah fresh dan original, namun sayang juga banyak yang mencopas oleh yang lain...Huftt pengunjung tinggal separuh perhari. Yah semoga blog semua teman2 akhirnya juga bisa adaptasi dari GP

terima kasih banyak atas infonya yang sangat bermanfaat ini...salam kenal dari Rumah Jepara

Salam kenal balik mas/mba...

Iya, ga bisa main main ngelola Blog sekarang, , kalao mau tetap eksis ya sebisa mungkin buat blog yang original (walaupun berat banget), apalagi kebayakan blogger buat blog bukan cuma buat diary doank tapi mengarah ke blog for money, jadi cara apapun untuk mempersingkat mendapatkan duit akan dilakukan...

Begitu bermanfaat kang habibi. .google ternyata semakin disiplin ternyaja. .semoga blog yandira cnb bali tidak kena dampak nya. .salam erat selalu kang habibi..

masbro maksudnya Keyword stuffing (High Keyword density, pengulangan Keywords) apa ya??
bukannya pengulangan keywords yg tidak berlebihan bagus utk SEO onpage? thanks sebelumnya

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info