Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Cara Memasang Google Adsense For Search

Google adsense for search

Google adsense for search




Google Adsense For Search adalah salah satu peluang cara monetasi blog berbahasa Indonesia. Salah satu produk google adsense ini akan menampilkan iklan-iklan di dalam hasil pencarian dengan menggunakan mesin pencari Google. Make Money dari Blog dengan cara ini cukup menguntungkan karena kita akan mendapat komisi untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung pada hasil pencarian di blog kita maupun di situs atau blog lain asalkan melalui form pencarian di blog kita. Besar komisi tergantung kesesuaian dengan kata kunci yang digunakan untuk melakukan pencarian.


Untuk mendapatkan peluang make money dari blog dengan cara ini kita terlebih dulu harus memiliki akun google adsense. Untuk pendaftaran di google adsense, silakan masuk ke http://www.google.com/adsense. Bila sudah memiliki akun google adsense, langkah selanjutnya adalah memasang google adsense for search ini di blog kita. Ada 2 elemen yang perlu kita pasang di blog kita, yaitu form pencarian yang bisa berupa widget yang sebaiknya ditempatkan di halaman utama blog kita dan halaman hasil pencarian yang sebaiknya kita tempatkan di halaman tersendiri di blog kita (meskipun ada pilihan menempatkannya di luar blog kita). Berikut adalah langkah-langkah memasang form pencarian dan halaman hasil pencarian:



Langkah 1 Mendapatkan Kode Google Adsense For Search



  1. Login ke Google Adsense dan atur pilihan ke bahasa Indonesia.

  2. Klik menu tab “Konfigurasi Adsense” >> “Dapatkan Iklan“

  3. Klik “Adsense Untuk Pencarian”

  4. Pada bagian Adsense untuk Pencarian >> “Jenis Pencarian“, pilih “Hanya situs yang saya pilih” bila kita hanya ingin pencarian dilakukan di blog tertentu atau “Semua Web” bila kita ingin pencarian dilakukan di seluruh website dan blog. Sebaiknya pilih “Hanya situs yang saya pilih”.

  5. Tuliskan alamat URL blog kita pada bagian “Situs Terpilih“, misalkan “http://www.bloggerpemula.info“. Tambahkan blog atau situs lain bila kita ingin pencarian juga dilakukan di blog tersebut.

  6. Masukkan kata kata kunci yang sesuai isi blog kita pada bagian “Kata Kunci Optional“. Gunakan spasi untuk memisahkan kata kata kunci. Sebaiknya gunakan tambahan kata dalam Bahasa Inggris.

  7. Klik “Lanjut” dan akan tampil halaman untuk mengatur tampilan form pencarian dan tombolnya. Silakan pilih tampilan sesuai tampilan blog kita atau sesuai yang kita inginkan. Panjang karakter bisa diubah kemudian.

  8. Klik “Lanjut” dan akan tampil halaman untuk mengatur tampilan halaman hasil pencarian. Pada bagian “Pembukaan Halaman Pencarian“, silakan pilih “Buka Hasil di Situs Saya Sendiri“, agar hasil pencarian tetap berada di blog kita. Masukkan URL dimana halaman tersebut nantinya akan kita buat. Misalnya ”http://www.bloggerpemula.info/hasil-pencarian/”. URL ini yang akan kita gunakan sebagai permalink halaman baru yang kita buat.

  9. Pilih lokasi iklan yang akan tampil pada halaman hasil pencarian sesuai keinginan. Lokasi bisa di atas dan kanan hasil pencarian, di atas dan bawah, atau bisa juga di kanan saja. Sebaiknya pilih atas dan kanan, bila tema blog anda cukup lebar.

  10. Pilih warna teks iklan dan hasil pencarian yang diinginkan lalu klik “Lanjut”

  11. Contreng pada kotak persetujuan persyaratan dan beri nama kode adsense for search ini, misalnya “bloggerpemula search 1 “.

  12. Klik “Kirim dan Dapatkan Kode“ dan akan tampil halaman berisi kode form pencarian dan kode untuk hasil pencarian.


Langkah 2 Memasang form pencarian Google Adsense For Search



  1. Login ke dashboard blog kita.

  2. Klik “Appereance >> Widget” bila kita ingin memasang form pencarian adsense for search ini di sidebar.

  3. Plih widget berupa “Text” dan letakkan di lokasi sidebar yang diinginkan.

  4. Copas kode HTML dan script untuk form pencarian yang sudah didapatkan sebelumnya di widget text tersebut.

  5. Klik “Save” dan cek hasil tampilan form pencarian.

  6. Atur lebar form pencarian dengan mengubah jumlah karakter di bagian form pencarian, yaitu bagian “text”


Langkah 3 Membuat halaman hasil pencarian Google Adsense For Search



  1. Klik “Pages >> Add New” bila kita ingin lebih mudah membuat halaman hasil pencarian google adsense for search di blog kita.

  2. Beri nama halaman sesuai keinginan misalnya search. Pastikan permalink-nya sama dengan nama yang kita daftarkan sebelumnya, misalnya ”http://www.bloggerpemula.info/hasil-pencarian/” untuk contoh di atas.

  3. Pastikan mode menulis adalah HTML bukan Visual, lalu copas kode HTML dan script untuk halaman hasil pencarian yang sudah didapatkan sebelumnya di bagian tulisan.

  4. Klik “Save” dan cek tampilan halaman hasil pencarian, dengan melakukan kata kunci apa saja di form pencarian yang sudah kita buat sebelumnya. Jangan klik iklan yang ada, karena kita bisa di ban oleh google.

  5. Atur lebar halaman hasil pencarian dengan mengubah lebar halaman di bagian kode hasil pencarian, yaitu bagian “googleSearchFrameWidth =”. Lebar minimum adalah 795.


Kesimpulan


Contoh google adsense for search bisa anda lihat pada blog ini dengan mengetikkan kata kunci apa saja di bagian form pencarian di atas. Kalo di blog anda saya sarankan jangan klik iklan yang ada, maka di blog ini silahkan saja untuk mendukung blog ini bila anda rasa bermanfaat.. Hehehh.. :) Selamat Make Money dari Blog…

2 Komentar untuk "Cara Memasang Google Adsense For Search"

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info