Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

8 Langkah Mudah Sharing Printer di Jaringan LAN

Printer HPKelihatannya perkara sepele, namun bagi sebagian orang masih belum mengetahui cara sharing printer di Windows dalam suatu jaringan LAN. Yang dimaksud sharing printer disini adalah menggunakan printer yang terpasang pada komputer lain yang juga terhubung ke dalam satu jaringan dengan komputer kita.

Seperti anda ketahui jika dalam sebuah jaringan LAN kita dapat saling bertukar file. Berinteraksi via chat LAN dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan. Satu diantaranya adalah menggunakan sebuah printer untuk banyak komputer. Untuk melakukannya kita hanya perlu tahu tata cara sharing printer.


Mungkin bagi sebagian dari Anda tulisan ini sudah tidak relevan lagi, tapi tidak mengapa. Saya sengaja memuat kembali tulisan ini untuk menyediakan referensi bagi rekan yang masih membutuhkan. Terlebih lagi cara ini bisa sangat menghemat penggunaan printer terutama untuk Lab, kantor, rental dan Warnet.

Sebelum memulai langkah berikut, siapkan jaringan LAN Anda. Masing-masing komputer sudah memiliki IP addres yang tepat dan tergabung dalam sebuah workgroup. Di sini saya pakai nama default “WORKGROUP” untuk nama network yang saya gunakan. Pastikan jaringan Anda normal tanpa ada gangguan.

Berikut langkah-langkah cara Sharing Printer di Jaringan

  1. Buka fasilitas Sharing Printer pada komputer Host / Server yang terdapat printer dengan cara buka Control Panel > Printer and Faxes, klik kanan pada Printer Anda > Pilih Sharing.
    sharing-printer

  2. Selanjutnya pada Tab Sharing Properties beri centang Checkbox Share this printer, dan beri nama sesuka Anda dan akhiri dengan klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK.
    sharing-printer

  3. Selanjutnya setting printer di komputer klien. Buka Control Panel > Printer and Faxes > Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer.
    sharing-printer

  4. Lalu akan terbuka Add Printer Wizard, Klik Next.
    sharing-printer

  5. Pilih tipe printer yaitu Network Printer lalu klik Next.
    sharing-printer

  6. Browse printer pada jaringan Anda, pastikan Anda tidak salah alamat dan akhiri dengan Next.
    sharing-printer

  7. Jika muncul pertanyaan apakah Printer Jaringan ini akan dijadikan Printer Utama? Pilih sesuai kebutuhan. Saya menyarankan Anda pilih Yes > Next
    sharing-printer

  8. Langkah terakhir yakni menutup Wizard dengan klik Finish.
    sharing-printer


Mudah bukan? Sekarang Anda sudah berhasil mengkoneksikan komputer klien ke printer jaringan. Langkah selanjutnya tinggal mencoba hasil settingan Anda. Silakan Anda print sebuah dokumen dari komputer klien menggunakan printer yang baru saja Anda setting. Semoga berhasil!

Nb. Setelah menguasai teknik ini, Anda dapat ber-eksperimen bagaimana caranya sharing printer di jaringan WAN, sharing printer pada Wireless bahkan sharing printer lewat internet. Kuncinya adalah jaringan Anda dapat terkoneksi dengan baik.

Versi e-booknya bisa anda download disini.
E-book Cara Sharing Printer atau E-book Cara Sharing Printer
0 Komentar untuk "8 Langkah Mudah Sharing Printer di Jaringan LAN"

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info