Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Apa sih WordPress itu?

[caption id="attachment_101" align="alignleft" width="150" caption="Logo Wordpress"]Logo Wordpress[/caption]

WordPress adalah aplikasi web yang dapat digunakan untuk membuat blog atau website. Saat ini WordPress sangat populer dan banyak digunakan oleh blog-blog di seluruh dunia karena instalasi dan cara pemakaian nya sangat mudah, sehingga sangat cocok untuk pemula. Blog ini pun menggunakan WordPress.

Membuat website menggunakan WordPress sangat disarankan oleh para pakar Internet marketing karena kemampuan website berbasis WordPress dapat muncul dengan cepat diSearch Engine. Seringkali artikel di blog ini muncul di search engine cuma dalam waktu 2-3 hari sejak diposting.

Berikut beberapa alasan menggunakan Wordpress :

  1. Gratis. Jika kamu belum pernah mendengar tentang perangkat lunak open source, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa sesuatu yang bagus seperti WordPress bisa gratis. WordPress bisa gratis karena telah dikembangkan oleh komunitas pengembang di seluruh dunia, yang melakukannya sebagai hobi dan karena mereka mencintai semangat open source. Tidak hanya WordPress itu sendiri yang gratis, tetapi juga sebagian besar tema dan plugin.

  2. Mudah digunakan. Kemudahan penggunaan alasan lain mengapa WordPress adalah pilihan yang cocok untuk platform online. Seseorang dengan sedikit pengalaman akan mampu menangani WordPress tanpa atau hanya sedikit bantuan dari profesional.

  3. Aman. Sejauh yang menyangkut bisnis online, keamanan merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak aman, hal ini merupakan ancaman untuk kelangsungan bisnis online. Untungnya, dalam hal keamanan, WordPress adalah yang terbaik.

  4. Sangat mudah dikustomisasi. Kamu pasti ingin supaya blogmu memiliki tampilan yang unik,  dengan WordPress hal ini mudah dicapai. Ada ribuan tema dan plugin yang dapat dipilih sesuai keinginan kita.

  5. Komunitas yang besar. Banyak forum online yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan WordPress.


WordPress pertama kali dikembangkan Ryan Boren dan Matt Mullenweg menggunakan script PHP dan MySQL. Mereka bersama developer lainnya mengembangkan proyek WordPress sejak tahun 2004 yang pada waktu itu masih bernama B2. Kemudian menggunakan nama WordPress sampai sekarang.

WordPress juga sangat diminati karena gratis. Setiap orang dapat menginstall aplikasi WordPress ini dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang.

Tim developer WordPress sangat agresif menyempurnakan WordPress, baik dari sisi desain yang cantik, kecanggihan programnya dan kemudahan penggunaannya. Saat ini WordPress sedang dalam proses mengeluarkan versi terbaru WordPress 3.0 yang jauh lebih canggih dari versi 2.XX

Walaupun awalnya dirancang untuk blog, WordPress juga dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya untuk membuat toko online, galeri foto, iklan baris, dsb. Ini karena rancangan WordPress yang sangat fleksibel dengan adanya kemampuan untuk menambahkan plugin (program tambahan).

Kalau anda ingin membuat blog gratis dengan domain namaanda.wordpress.com, anda dapat mendaftar di http://www.wordpress.com. Kalau anda ingin menginstall aplikasi WordPress pada domain dan web hosting sendiri, silahkan membaca artikel langkah-langkah instalasi WordPress.

Selamat menggunakan WordPress.
0 Komentar untuk "Apa sih WordPress itu?"

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info