Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Cute PDF Writer



Saat ini banyak file yang beredar di internet yang menggunakan file PDF sebagai media tulis. Dan saat ini pun banyak orang di berbagai dunia yang menggunakan Portable Document Format (PDF) dan sudah menjadi dokumen standard dalam hal keamanan dan dapat diandalkan di seluruh dunia.

Seperti kita bisa lihat di Internet, sebagian besar dokumen tersebut biasanya berformat PDF.Sebagian besar dokumen yang disertakan dalam email untuk kelengkapan data, biasanya disertakan dalam pdf.

Untuk menghasilkan dokumen dalam format pdf sudah banyak software yang tersedia secara gratis. Jika hanya ingin menghasilkan dari Word, Excel dan sejenisnya, maka bisa digunakan OpenOffice. Semua aplikasinya sudah menyertakan fasilitas untuk menyimpan data dalam format pdf. Tapi bagaimana jika kita ingin menghasilkan dokument dari aplikasi lain, seperti pengolah vektor, gambar, web site dan lainnya ?

Jawabannya adalah dengan fasilitas print langsung ke format PDF. Jadi jika aplikasi tersebut menyertakan fasilitas print ( biasanya menu File > print ), maka dapat dihasilkan dokumen dalam format pdf. Berikut beberapa aplikasi gratis / opensource yang dapat dijadikan alternatif untuk menghasilkan pdf.

Aplikasi yang cocok untuk kebutuhan yang diatas adalah CutePDF Writer. Sesuai dengan namanya aplikasi ini berfungsi dapat menghasilkan file berformat PDF dengan mudah.

CutePDF ini bersifat gratis, berlinsensi free untuk personal untuk personal dan komersial. Untuk menghasilkan file pdf, CutePDF memerlukan PS2PDF converter seperti Ghostscript, yang juga disediakan link websitenya. Jika hanya untuk menghasilkan pdf, tanpa tambahan fasilitas lainnya, maka cutePDF merupakan aplikasi yang cukup bagus.

Silakan klik disini untuk mendownloadnya.

(Klik Skip jika muncul iklan)

[caption id="attachment_8" align="alignleft" width="150" caption="Download To PC"]Download To PC[/caption]

0 Komentar untuk "Cute PDF Writer"

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info