Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Facebook Resmi Gunakan Fitur Hashtag

Pagi ini ada yang berbeda ketika saya membuka facebook. Status yang sengaja saya beri tanda pagar (#) berubah menjadi link yang mengarah pada beberapa status yang menggunakan kata kunci sama layaknya di Twitter.

Setelah menjadi rumour beberapa hari yang lalu, rencana Facebook menambahkan fitur hashtag kini terwujud. Facebook menjelaskan jika hashtag adalah bagian dari budaya populer di jejaring sosial. Fitur ini harus diimplementasikan di situsnya dan pengguna hanya tinggal menambah tanda pagar (#) di depan kata sama seperti yang ada di Twitter.



Dengan fitur hashtag tersebut, pengguna Facebook pun bisa menemukan user atau halaman Facebook lainnya yang membicarakan topik dalam hashtag tersebut. Tak hanya itu, user kini juga bisa mencari sebuah hashtag tertentu dari kolom pencarian.

Fitur hashtag sendiri memang merupakan fitur asli buatan dari Twitter, namun seiring dengan meningkatnya pengguna Twitter dan menurunnya pengguna Facebook, akhirnya pihak Facebook menghadirkan fitur hashtag yang sama seperti di Twitter. Namun fitur hashtag di Facebook ini hanya clickable dengan layanan Instagram saja. Padahal fitur hashtag ini juga ada di Tumblr, Pinterest, Google Plus, dan Twitter.

Hashtag, yang ditulis dalam bentuk simbol #, memudahkan pengguna layanan untuk mengikuti topik tertentu dari percakapan yang diposting di Twitter. Pengguna Twitter biasanya mengetik hashtag bersama kata kunci - seperti #pemilu - pada bagian akhir Tweet, agar mudah memantau pembicaraan terkait topik tersebut.

Pada bulan Januari lalu, Facebook juga telah memperkenalkan layanan pencarian terbarunya bernama "Graph Search". Fitur ini dapat melakukan pencarian query secara tepat dan memberikan Anda jawabannya, jadi bukan memberikan tautan seperti di mesin pencari Google.

Para pengguna juga dapat melakukan pencarian dengan pertanyaan yang lebih spesifik, misalnya seperti "Siapa saja orang yang hobi backpacker-an?". Sistem secara otomatis akan mencari jawaban pertanyaan itu dari miliaran data yang ada di database Facebook, bukan dari tempat lain. Jadi hasil pencariannya lebih spesifik.

Namun fitur tersebut saat ini belum memungkinkan para pengguna Facebook untuk mencari dan memantau isi percakapan aktual yang diposting di Facebook berdasarkan topik tertentu. Dengan adanya hashtag, Facebook tampaknya akan bisa menyediakan sistem pencarian seperti itu jika fitur Facebook Graph Search sudah resmi dirilis.
0 Komentar untuk "Facebook Resmi Gunakan Fitur Hashtag"

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info