Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Cara Pasang Alat Penerjemah Bahasa Google (Widget Google Translator)

Mungkin teman-teman semua sudah tahu, Google menyediakan alat penerjemah berbagai macam bahasa. Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang dulu memanfaatkan toogletext.com untuk menerjemahkan blognya ke dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Tapi sekarang dengan adanya alat penerjemah Google atau Google Translator, kita tak perlu lagi repot-repot menerjemahkan blog kita ke dalam berbagai bahasa. Karena Google Translator mendukung berbagai bahasa, termasuk sekarang Bahasa Indonesia.
<script src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.google.com/ig/modules/translatemypage.xml&up_source_language=id&w=160&h=60&title=&border=&output=js"></script>

Bahkan Google Translator ini dapat juga kita manfaatkan untuk membantu menerjemahkan tugas kita, sehingga tidak perlu lagi repot-repot membuka-buka kamus. Hehehe... Google Translator ini juga dapat kita tambahkan ke dalam website atau blog kita, sehingga secara otomatis blog kita akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang kita inginkan sesuai yang kita pilih. Jadi jika ada orang dari luar negeri berkunjung ke blog kita, setidaknya dia dapat mengetahui isi dari blog kita. Seperti Google Translator yang ada di sidebar blog ini.

Tapi, alat ini masih banyak kekurangannya. Sebaiknya jika menggunakan alat penerjemah Google ini, gunakan bahasa yang formal, sehingga dapat diterjemahkan dengan baik. Jika menggunakan bahasa yang tidak formal, atau bahasa sehari-hari kita, mungkin hasil terjemahannya akan sangat aneh.

Memang, perlu kita pertanyakan ke-efektifan alat penerjemah Google ini. Apakah sebegitu terkenalnya blog kita ini, sampai-sampai kedatangan orang dari luar negeri. Hehehe... Tapi mungkin bisa juga dijadikan hanya sebagai hiasan saja seperti di samping ini. Hehehe...

Nah, untuk memasang alat penerjemah Google atau Widget Google Translator ini sangat mudah. Anda tinggal meng-copy kode di bawah ini:
Nah, sesuaikan kode languange=id di atas dengan blog Anda. Jika blog Anda berbahasa Indonesia, isi languange=id. Jika blog Anda berbahasa Inggris, isi language=en.

Jika blog Anda berbahasa Inggris lalu Anda isikan language dengan id, maka ketika ingin ditranslate menjadi bahasa Indonesia akan terjadi error, karena Google mendeteksi blog Anda berbahasa Indonesia (id). Sedangkan error terjadi karena mentranslate dari bahasa Indonesia ke bahasa Indonesia. Begitu juga sebaliknya. Jika blog Anda berbahasa Indonesia lalu Anda isikan language dengan en, maka ketika ingin ditranslate menjadi bahasa Inggris akan terjadi error, karena Google mendeteksi blog Anda berbahasa Inggris (en). Dan error terjadi karena mentranslate dari bahasa Ingris ke bahasa Inggris.
10 Komentar untuk "Cara Pasang Alat Penerjemah Bahasa Google (Widget Google Translator)"

hyoo.. kapan dipraktekin??

sediakan alat yang benar

Hoping it works on my page. Thank YOU n have awesome weeks...
http://www.iei-4every1.co.nr/

trimakasih om,sangat berguna artikel nya,dan saya praktekin berhasil 1000%,

thanks a lot gan info and script nya...sangat bermanfaat...

salam sukses...

oke bang, makasi uda berkunjung.

yang pasang logo benderanya gimana gan ??

pke plugins ja, namanya gtranslate. cari aja .

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info