Habibi Mustafa

All about computer, internet and blogging tips trick

Ketika Kaligrafi Tak Ditulis Tangan Lagi

Mungkin Anda penasaran setelah membaca judul di atas. Seperti yang kita tahu, kaligrafi identik dengan tulisan tangan indah. Bahkan secara definisi, kaligrafi disebut sebagai hasil karya berbentuk tulisan yang dihadirkan melalui kelenturan tangan. “Kaligrafi kok tidak ditulis tangan?” Anda mungkin bertanya. “Lantas ditulis pakai apa?”

Jawabannya adalah komputer.

Anda sudah pernah tahu program kelk 2007? Dengan program ini, kaligrafi bisa dibuat dengan sangat baik. Meski tidak selentur kaligrafi karya tangan, program kelk memiliki kemampuan untuk membuat huruf indah. Tidak seperti font arab yang ditulis melalui komputer berbasis Arab yang masih kaku, program Kelk memiliki kelenturan dalam menyusun huruf.

Coba lihat hasil tulisan surat Al-fatihah berikut ini. Cantik bukan?
fatihah-kelk

Program kelk memang diperuntukkan untuk menulis kaligrafi. Meski kurang begitu sempurna dalam penulisan kaligrafi bertumpuk jenis tsuluts, Kelk mempunyai kelebihan dalam menulis jenis ta’liq atau nas ta’liq khas Iran.

Lihat juga contoh di bawah ini:
kelk-dufi-1

kelk-dufi-2

kelk-dufi-3

kelk-dufi

kelk-dufi-4

Di internet, banyak sekali beredar software ilegal ini versi sebelumnya, yakni Kelk 2000. Sayangnya program ini hanya bisa diinstall pada Windows XP berbasis Arabic. Saya pernah menginstall pada Windows XP, tidak bisa menulis huruf karena keyboard berbasis Inggris. Mungkin perlu meng-install bahasa Arab?

Anda pernah memakai program ini?

Sumber: panduankaligrafi.com
2 Komentar untuk "Ketika Kaligrafi Tak Ditulis Tangan Lagi"

 
Copyright © 2014 Habibi Mustafa - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info